Credit Union Dari, Oleh, Untuk Kita


Credit Union atau sering disingkat CU, merupakan program penguatan ekonomi bagi masyarakat kecil di desa dampingan PETRASA. Sekali dalam sebulan, anggota kelompok CU akan berkumpul untuk melakukan simpan pinjam dan berdiskusi tentang keadaan CU mereka.

Untuk menambah motivasi anggota agar terus semangat dalam pengembangan kelompok, sebuah kelompok biasanya membuat kegiatan bersama. Salah satunya adalah kegiatan apresiasi kelompok CU Martabe di Desa Lae Pangaroan, Kecamatan Silima Pungga-Pungga. Setelah melakukan simpan pinjam, pengurus kelompok memberikan gelas bagi anggota kelompok pada Jumat lalu (24/8/18).

Melalui dana pendidikan yang berasal dari sisa hasil usaha yang dikumpulkan selama 1 tahun berjalan, pengurus memberikan 40 lusin gelas kepada semua anggota. Setiap anggota kelompok mendapat 1 lusin gelas. Dalam kesempatan itu, tidak lupa pengurus Bapak R. Sitorus selaku ketua kelompok dan staf pendamping dari PETRASA, Boy Hutagalung, memberikan motivasi kepada anggota. Mereka mengingatkan kembali tujuan pembentukan CU adalah untuk saling menopang anggota satu sama lain.

Kelompok CU Martabe ini awalnya dibentuk pada Juli 2008 lalu. Sepanjang perjalanannya, kehadiran CU ini sudah banyak membantu perekonomian masyarakat di desa tersebut. Beberapa manfaatnya sangat jelas terasa. Salah satunya dengan tabungan pendidikan anak, orang tua dapat menyimpan sedikit demi sedikit uang untuk memenuhi kebutuhan sekolah anak mereka. Manfaat lainnya, anggota dapat meminjam uang dengan bunga yang rendah untuk kebutuhan bertani atau pun membuka usaha.

Anggota kelompok merasa sangat senang dengan kegiatan apresiasi tersebut. Beberapa orang desa yang belum masuk ke CU Martabe di Desa Lae Pangaroan bahkan mencari informasi cara untuk menjadi anggota kelompok setelah menyaksikan kegiatan itu. Hal ini juga menjadi pembuktian bahwa prinsip-prinsip CU, yakni, dari, oleh dan untuk kita, tetap dipegang erat. Sebab semakin semangat sebuah kelompok memegang prinsip terserbut, semakin banyak pula kegiatan bermanfaat yang berdampak dan terasa bagi banyak orang.

Sejatinya, kelompok CU yang terbentuk tidak hanya bertujuan untuk menguatkan perekonomian masyarakat melalui simpan pinjam. PETRASA sebagai lembaga pendamping juga mengajak anggota kelompok CU untuk menerapkan pertanian selaras alam, peternakan terpadu, dan penguatan organisasi masyarakat. Semuanya tetap dengan prinsip dari, oleh, dan untuk masyarakat.

 

B0