Pemerintah Desa Sumbari Gandeng Petrasa Membangun Desa dengan Pertanian Selaras Alam


Tiga bulan setelah dilantik menjadi Kepala Desa Sumbari, Bapak Liber Manurung bersama dengan BPD, Perangkat Desa dan Tim penyusun RPJMDes sedang disibukkan menjaring usulan dari masyarakat desa dan menuangkannya kedalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa Sumbari.” Usulan-usulan tersebut ada yang berupa pembangunan Infrastruktur, Pemberdayaan, peningkatan kapasitas dan lainnya, ditampung semua kemudian kita lihat potensi yang dimiliki oleh Desa. RPJMDes juga masih berupa garis-garis besar rencana pembangunan Desa untuk lebih spesifiknya akan dituangkan dalam Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) tiap tahunnya. RPJMDes ini akan menjadi acuan dalam pembangunan Desa Sumbari 6 tahun kedepan”, ujar Liber Manurung Kepala Desa Sumbari.

Masih dalam tahap penyusunan RPJMDes, selain melibatkan masyarakat Desa, Pemerintah Desa Sumbari juga mengundang Petrasa untuk memberikan masukan tentang apa yang dapat dilakukan bersama demi mewujudkan pembangunan Desa yang partisipatif dan tentunya meningkatkan kualitas pertanian Desa Sumbari.

“Mimpi saya adalah masyarakat Desa Sumbari dapat menghasilkan kebutuhan pertanian mereka baik itu pupuk maupun obat-obatan tanamannya sendiri tanpa harus membeli, kan semua sudah disediakan oleh alam. Petani tidak akan mengeluh lagi jika pupuk pabrikan langkah atah mahal” tegas Liber Manurung.

Menyambut harapan Pemerintah Desa Sumbari, Petrasa sangat mendukung program PSA yang akan dikembangkan oleh Pemdes Sumbari. “Petrasa sangat mendukung program pertanian selaras alam yang akan dikembangkan di Desa Sumbari. Desa Sumbari merupakan salah satu Desa di kecamatan Silima Pungga-pungga dengan potensi alam dan pertanian yang cukup baik. Masyarakat dapat memanfaatkan potensi tersebut untuk bertani dan beternak seperti filosofi “Sinur Napinahan, Gabe Naniula, Horas akka Jolma”, tutur Duat Sihombing (Kadiv. Advokasi Petrasa).

Petrasa sangat mengapresiasi Pemdes Sumbari dan BPD yang melibatkan Petrasa dalam mewujudkan pembangunan Desa yang partisipatif demi meningkatkan kualitas pertanian Desa Sumbari. Selain dalam pengembangan pertanian Selaras Alam (Organik), Pemdes Sumbari dan Petrasa akan bersinergi dalam peningkatan kapasitas lembaga-lembaga Desa, pelatihan untuk perempuan, atau bisa juga pelatihan Hukum dan Ham. Petrasa juga melakukan pelatihan-pelatihan kepada petani seperti pelatihan Perempuan Potensial, Hukum dan Ham, pengembangan Pangan dan Produk lokal, Pelatihan Youth Farmer dan kegiatan lainnya.