“Nabisuk Nampuna Hatana, Naoto unang diboan tu Panggadisan”


Bulan berganti bulan, tahun berganti tahun setiap kelompok yang tergabung dalam credit union (CU) yang di dampingi Yayasan Petrasa sebanyak 104 kelompok dan tergabung dalam organisasi PPODA (perhimpunan petani organik Dairi). Selasa (22/02) Kelompok CU Judika Di Dusun Lae Pinagar, Desa Perjuangan, Kecamatan Sumbul melakukan Rapat anggota tahunan dan pembagian deviden bagi anggotanya.

Kelompok CU Judika di dampingi Yayasan Petrasa sejak tahun 2008, kelompok ini diawali dengan jumlah anggota 5 % dari jumlah masyarakat di Dusun tersebut, dimana masyarakat desa pada waktu pembentukan belum yakin dengan organisasi yang di bentuk oleh masyarakat desa. Tahun bertambah diringi dengan penambahan jumlah anggota kelompok dan saat ini sudah mempunyai jumlah anggota Dewasa dan anggota anak sebanyak 121 orang .

Bulan februari menjadi awal yang bersejarah untuk kelompok ini, dimana kelompok ini terbentuk dan melakukan Rapat Anggota Tahunan (RAT). Dalam RAT kali ini semua anggota merayakannya dengan sukacita dimana terjadi peningkatan pendapatan atau Sisa hasil usaha yang di dapatkan oleh kelompok Judika. Pada Rapat Anggota Tahunan ini, pengurus membacakan laporan Pendapatan dan pengeluaran. SHU yang dibagikan sebesar Rp. 78.296.000 (Tujuh puluh delapan juta dua ratus sembilan puluh enam ribu rupiah).

Dalam laporan tahun ini terjadi peningkatan dari tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan karena tabungan dan kepercayaan anggota semakin meningkat kepada kelompok yang mereka yakini bisa mengeluarkan mereka dari kemiskinan dan ketergantungan.

M.Padang sebagai Ketua kelompok CU Judika menyarankan agar anggota juga memberikan hati untuk mengikuti pertemuan bulanan. Dalam sambutannya, Beliau juga menyampaikan pepatah Batak “Ijuk di parapara hotang di parlabian, Nabisuk nampuna Hata, Naoto Unang di boan tu Panggadisan”. Artinya pengurus harus siap di kritik dan apabila ada kekurangan kepada anggota selama menjalankan CU selama tahun 2021/2022, tetap diberi kekuatan untuk membawa CU lebih baik di tahun yang akan datang. CU Judika menginginkan semua anggota bisa bahu membahu untuk membudidayakan sifat membangun di tengah-tengah kelompok.

Dalam program CU yang akan dilakukan oleh anggota CU Judika yaitu bagaimana petani bisa mengembangkan pertanian organik di masa yang akan datang. Petani juga tidak akan sanggup lagi bertani karena harga Pupuk dan Pestisida kimia semakin mahal. Apabila petani yang tergabung mampu melakukan penekanan saprodi pertanian maka peningkatan pendapatan petani akan meningkat dan otomatis akan menambah simpanan sukarela di kelompok.

Pembagian Sisa hasil usaha (SHU) kali ada perubahan Angaran dasar dan Anggaran rumah tanngga (AD/ART) yaitu melakukan pengetatan CU dimana dalam penabungan yang melewati batas penabungan, pengurus juga di harapkan agar pengurus cu bekerja lebih baik dan proaktif. Pengurus juga bisa di tukar kalau tidak bisa bekerja dengan baik, anggota yang menabung setiap bulannya harus mengikuti pertemuan sampai selesai agar semua anggota memahami fungsi dan penerapan pinjaman uang dari kelompok CU. Kelompok mandiri, kelompok yang saling percaya akan menjadikan anggota yang sejahtera apabila kepengurusan dan keuangan yang transparan terhadap anggotanya terpelihara. Harapan ini menjadi salah tujuan Petrasa untuk semua kelompok yang tergabung dengan PPODA menuju kesejahteraan setiap anggotanya.