Pertanian Organik Rumit Tapi Menghasilkan Yang Bermanfaat


(Senin, 07/02/2022) Petrasa dan petani dampingan Yaitu Roida Pandiangan sebagai Staf Pemasaran dan Pengembangan Kelompok dan Tiominar Silalahi, Petani kelompok CU Setia Kawan dan juga pelaku produk turunan produk organik berkunjung ke salah satu Yayasan Lingkar organik di Yogyakarta. Kunjungan dilakukan dengan tujuan menambah wawasan dan pengetahuan yang akan di terapkan ke depannya untuk menjadi lebih baik. Pada Intinya adalah untuk membandingkan kondisi yang ada di lingkungan orientasi, tempat kami belajar menambah pengalaman dengan kondisi di tempat kita melakukan aktivitas.

Adapun Hasilnya berupa pengumpulan informasi sebagai bahan acuan dalam perumusan konsep yang di inginkan untuk di jadikan barometer dan menjadi pembanding untuk rencana jangka pendek dan jangka panjang.

Pada saat pembelajaran di Lingkar organik(LO), staf dan petani ingin mengetahui proses pendampingan Lingkar Organik (Yogyakarta) terhadap petani. Bagaimana cara meyakinkan para petani dalam melakukan pengolahan pertanian organik juga bisa sebagai usaha yang menguntungkan, serta mencari informasi yang tepat utk pengembangan pasar organik.

Penentuan harga pasar juga sangat di perhatikan dalam pengembangan pengolahan pertanian organik. Dimana sosialisasi terhadap masyarakat serta dukungan pemerintah dalam upaya pengembangan pertanian organik juga berpengaruh terhadap penentuan harga produknya.

Hal ini sering menjadi masalah dalam pendampingan terhadap petani dampingan Petrasa yang ada di Kabupaten Dairi. Dimana sosialisasi tentang produk-produk organik Kabupaten Dairi masih lemah, sehingga berpengaruh kepada petani dan tetap meyakini produk pertanian kimia lebih menguntungkan, juga menjanjikan di pasaran.

Memang, proses yang di jalani sangat panjang dan rumit. Untuk itu perlu pendekatan, pendampingan dan pemahaman kepada petani terhadap keinginan konsumen untuk mencintai produk yang dihasilkan oleh petani sebagai produsen yang menyuplai produk tersebut. Produsen mengenal target pasar dan tujuan pasar produk yang di hasilkan oleh petani Petrasa. Terbangunnya jaringan petani ke konsumen sehingga terjalin hubungan yang berkelanjutan mengarah kepada perubahan pola pikir di tengah-tengah masyarakat yang menyebabkan Kepercayaan serta keyakinan yang saling menguatkan pemasaran produk organik di kabupaten Dairi.

Yayasan Petrasa yang sudah bersosialisasi hampir dua dekade meyakini Kabupaten Dairi memiliki pasar organik sendiri yang mengantar masyarakat mengubah gaya hidup dan membutuhkan proses yang panjang. Proses demi proses sosialisasi Petrasa akan melahirkan beberapa terobosan dan harapan bahwa produk organik akan di cintai oleh konsumen yang membutuhkan produk-produk yang sehat dan berkualitas. Mari kita bersama-sama tetap menjaga petani dampingan untuk menciptakan konsumen yang loyal dengan konsumsi produk organik .

Divisi Pemasaran dan Pengembangan Kelompok

#organikdairi #sidikalang #petrasa #Organik #Konsumen