Bangga Beli Pupuk Kimia dan Pestisida Kimia


2 Hari bersama Bapak Ir. John Albertson Sinaga melakukan Pelatihan hama dan penyakit tanaman Padi serta Penanganannya bersama Yayasan Petrasa Sidikalang. Kegiatan ini berlangsung di Kantor Petrasa pada Selasa (23/5) dengan puluhan Petani Organik Padi yang telah di dampingi oleh Divisi Pertanian Dan Peternakan Petrasa.

Pelatihan ini berlangsung dengan penuh Semangat karena diawali dengan cara yang tepat dalam penanganan hama dan penyakit tanaman Padi yang disampaikan oleh Narasumber yang sejak Bapak. Prof. Bungaran Saragih sebagai Menteri Pertanian Republik Indonesia Tahun 2022 memberikan kepercayaan penuh kepadanya sebagai Penyuluh Dari Dinas Propinsi Sumatera Utara untuk mengembangkan Pertanian Organik di Sumut.

Bangga membeli Pupuk kimia Dan Pestisida Kimia bagi Petani adalah kurang tepat karena Hal itu membuat Petani semakin sengsara dalam memenuhi sarana produksi padahal hasil yang di dapatkan tidak akan sebanding dengan harga produk yang di hasilkan oleh Petani tersebut.

Efendi Situmorang salah satu Petani Padi Dampingan Petrasa yang telah sejak Tahun 2017 memilih untuk meninggalkan Pupuk kimia dan Pestisida Kimia. Pada saat itu beralih menjadi Petani Organik dengan memulai penanaman Padi dengan sepetak lahan. Penanaman berikutnya Beliau menanam kembali dengan menambah lahan menjadi 2 petak karena merasakan hasil yang di dapatkan lebih bagus Dari hasil sebelumnya.

Penanganan hama Dan Penyakit dilakukan peserta di lahan Efendi Situmorang di Desa Hutaimbaru, Kecamatan Siempat Nemput pada Rabu (24/5). Kunjungan lahan ini memudahkan peserta untuk mengenal hama pengganggu tanaman Padi. Peserta mendapatkan beberapa metode baru dalam menangani Padi yang mengalami masalah. Kesempatan bagi Petani Padi untuk menanyakan banyak hal terhadap kondisi Padi Organik yang mereka tanam di lahan yang berbeda.

Para peserta sangat senang dengan Ir. John A. Sinaga yang sangat Ramah memberikan solusi yang dialami mereka. Pak Sinaga menambahkan bahwa mencegah itu lebih baik dari mengobati dimana ketika Padi Petani itu sudah terluka maka penyakit akan datang silih berganti, jadi, yang kita butuhkan adalah rutinitas kita melakukan perawatan terhadap mahkluk hidup yang kita pelihara termasuk Padi tersebut.

Penyemprotan eco enzym, PSB ( Bakteri Fotosintesis ), Asam Amino, Zat pengatur tumbuh (ZPT), Pestisida Nabati secara rutin maka penyakit itu akan di tekan dan pertumbuhan tanaman pun akan baik-baik saja. Petani perlu memikirkan untuk meluangkan waktu mengeluarkan tenaga untuk mengumpulkan bahan yang tersedia di alam sekitar agar nutrisi itu bisa dijadikan menjadi Pupuk Dan pestida Nabati yang tidak merusak lingkungan.

Budidaya Padi secara Organik akan menghasilkan produk sehat bagi produsen dan konsumen dan menjadikan Bumi lestari serta berkesinambungan bagi generasi berikutnya.. Mari kita hidup lestari Dan memberikan berkat kepada Orang lain..!!!